Minggu, 22 Mei 2016

PROPOSAL USAHA MIE AYAM BUTO IJO

PROPOSAL MIE AYAM BUTO IJO

PROPOSAL USAHA
MIE AYAM BUTO IJO




DISUSUN OLEH :
NUR CHOLIFAH DWI IRAWATI
KELAS :
PERBANKAN SYARIAH A
NIM :
2012115022
MAKUL :
PENGANTAR KOMPUTER
DOSEN PENGAMPU :
M. NASIM, S. Kom

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
( STAIN ) PEKALONGAN
TAHUN 2016

 


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan “Proposal Usaha Mie Ayam Buto Ijo”. Tak lupa penulis sanjungkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW yang dinanti syafa’at oleh penulis dan seluruh umatnya di yaumul akhir kelak.
            Terwujudnya laporan proposal kerja ini tidak lepas dari berbagai pihak yang telah mendorong dan membimbing penulis, baik tenaga, ide-ide, maupun pemikiran-pemikiran. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya
kepada :
1  1.      Bp M. Nasim, S.Kom selaku pembimbing yang telah memberikan pembekalan materi dalam pembuatan dan penyelesaian laporan proposal ini.
2 2. Orang tua yang telah memberikan doa dan semangat kepada anak-anaknya untuk menyelesaikan proposal ini.
            Semoga segala bantuan yang tidak ternilai  harganya ini mendapat imbalan yang sesuai dari Tuhan Yang Maha Esa, dan laporan proposal ini dapat memberikan wawasan dan informasi, serta menambah semangat para pembaca untuk menekuni dunia entrepreneur.
Penulis menyadari  bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun  dari berbagai pihak  sangat penulis harapkan demi perbaikan-perbaikan kedepan.

Pekalongan,   Mei 2016



                                                                                                                    Penyusun
 


BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Seiring dengan perkembangan zaman dan lingkungan maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu. Salah satu hal dimana orang sangat hati-hati dan teliti sekali dalam memilih dan membeli adalah ketika  membeli makanan.
Dahulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut, baru kemudian memikirkan harga. Apalagi saat ini banyak bermunculan makanan ringan yang diberi sentuhan inovasi dalam pemasarannya. Oleh karena itu,  mie banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan ringan, dimana dari segi rasa, mie menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan dan enak, dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia, dari segi harga, mie mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.
Berdasarkan fenomena diatas maka sangat cocok dan potensial bila saya mendirikan usaha jualan mie ayam, dimana dari segi rasa memenuhi rasa enak, dari segi gizi mie sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen karena mengandung karbohidrat, protein, dll. Dari segi harga mie  terbilang mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.
Usaha ini berawal dari kecintaan saya terhadap makanan Mie Ayam .Setiap saya makan Mie Ayam rasanya cuma itu-itu saja kemudian saya berinsiatif untuk membuka warung Mie Ayam yang berbeda dengan warung warung Mie Ayam lainnya. Setelah saya amati usaha ini belum banyak dan jarang di temui di lingkungan saya. Dari informasi-informasi yang saya peroleh dan menurut pandangan saya usaha ini akan mencapai kesuksesan dan maju. . Karena Mie Ayam ini tidak hanya akan mengenyangkan tetapi dapat juga menyehatkan, berbeda dengan Mie Ayam pada umumnya yang sering kita jumpai.  Mie ayam ini adalah mie ayam yang selama ini dicari-cari oleh para pelanggan yang sangat menyukai Mie Ayam tapi juga ingin tetap sehat .    
Seperti yang telah diketahui makanan zaman sekarang kebanyakan hanya mengandalkan rasa dan tak sedikit yang mengenyampingkan manfaat makanan tersebut . Dalam mendirikan usaha ini saya juga meringankan biaya-biaya yang akan saya butuhkan . Untuk dapat mengatasi segala rintangan yang saya hadapi. Dalam menjalankan usaha ini membutukan kemantapan dan keuletan dalam menjalankanya. 

B.     KONSEP USAHA
Usaha penjualan “Mie Ayam Buto Ijo” ini merupakan usaha kecil yang dijalankan untuk sementara sebagai batu loncatan. Jika usaha ini berhasil atau sukses dan dapat mencapai tujuan yang kita harapkan, maka kami akan memperbesar usaha ini dengan membuka cabang-cabang.

C.    VISI dan MISI
a. Visi
Kepuasan konsumen atas produk merupakan hal yang paling diutamakan untuk menjadi pengusaha Kuliner Mie Ayam yang sukses.
b. Misi
-           Terus berinovasi dalam menciptakan menu-menu yang unik dan menarik.
-           Menciptakan ide-ide kreatif sebagai penarik minat para pembeli.
-           Memberikan pelayanan yang terbaik dan ramah dalam upaya menarik pembeli.
-           Menjual produk dengan harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas dan rasa yang  memukau.
c. Tujuan Usaha
Menjadi salah satu usaha kuliner yang sukses di Pekalongan dengan omzet yang tinggi sehingga dapat membuka banyak cabang di Indonesia dan menampung banyak karyawan serta memanfaatkan peluang usaha yang ada.

D.    ANALISIS SWOT BISNIS
a)      Strength (Kekuatan)
1.      Harga produk ekonomis
2.      Kebersihan produk terjamin
3.      Produk yang ditawarkan tidak menggunakan bahan pengawet atau zat berbahaya lainnya serta higenis
b)     Weakness (Kelemahan)
1.      Produk yang ditawarkan merupakan produk yang kurang popular dan tidak tahan lama karena tidak menggunakan bahan pengawet
c)      Oppurtunity (Peluang)
1.  Banyak penjual yang menjual produk yang sama menggunakan bahan pengawet, sedangkan produk ini tidak menggunakan bahan pengawet atau zat berbahaya lainnya
2.      Produk ini menggunakan bahan bahan alami.
3.      Suatu seni baru dalam Mie Ayam yang belum banyak berkembang.
d)     Threat (Hambatan)
1.      Banyak penjual penjual mie ayam diluar sana yang sudah terkenal terlebih dahulu.


BAB II
RINGKASAN EKSEKUTIF

MIE AYAM BUTO IJO merupakan terobosan pertama yang di jalankan dengan ide yang segar dengan segmen yang di tuju adalah para pejalan dan orang yang ingin santai dengan didampingi santapan yang unik. Mie yang ditawarkan, mie yang siap santap dengan waktu kurang dari 10 menit. Dengan resep bumbu pilihan yang membuat lidah akan ingin mencobanya lagi dan menikmatinya. Konsep utama dari bisnis ini adalah untuk di bawa oleh penikmat. Jika ingin bersantai kami sediakan tempat yang nyaman untuk menyantapnya. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau.
MIE AYAM BUTO IJO hadir dengan warna yang cerah. Kami akan membukanya ditempat  ramai agar menarik minat, orang melihatnya, dan akan penasaran karena bisnis ini jarang. Dan ini berbeda dari jenis makanan lainnya.

 

BAB III
PERENCANAAN USAHA

3.1  DATA PERUSAHAAN

1. Nama Usaha                         :    Mie Ayam Buto Ijo
2. Bidang Usaha                       :    Kuliner
3. Jenis Produk                         :    Makanan
4. Alamat Perusahaan               :    Jl. Kusuma Bangsa No.15 Pekalongan

3.2  BIODATA PEMILIK / PENGURUS

1. Nama                                   :    Nur Cholifah Dwi Irawati
2. Jabatan                                :    Owner
3. Tempat dan Tanggal Lahir  :    Pekalongan,3 April 1997
4. Alamat Rumah                    :    Jl. Damar Wulan No.15, Kandang Panjang

3.3  JENIS PRODUK
            Produk yang akan dijual di usaha kami adalah Mie Ayam Buto Ijo

3.4  BAHAN BAKU DAN PROSES PRODUKSI
Bahan Mie :
- 400 gr tepung terigu protein tinggi
- 100 gr tepung sagu
- 4 sdm minyak goreng
- 2 btr telur ayam
- 50 gr daun sawi, blender dengan 50 ml air
- 2 sdt garam
Bahan Tumisan Ayam:
4 siung bawang putih, dicincang
2 buah (600 gram) paha ayam, dipotong kotak kecil
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica hitam bubuk
3 sendok makan kecap manis
1 sendok makan kecap asin
1 sendok makan saos tiram
¼  sendok the pala bubuk
1 sendok teh gula pasir
150 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis
Cara Membuat
1 .tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging ayam, aduk hingga berubah warna.
2. Tambahkan kecap asin, kecap manis, garam dan merica, tuang air, masak sampai matang.
Bahan Kuah:
2.000 ml kaldu dari tulang ayam
4 siung bawang putih goreng, dihaluskan
2 1/2 sendok teh garam 1 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
2 batang daun bawang, diikat
Bahan Pelengkap:
1 batang daun bawang
saus sambal
saus tomat
Cara Membuat
1.       rebus kaldu bersama bawang putih, garam, merica, gula, dan daun bawang ikat. Masak sampai mendidih dan matang.
2.       Sajikan mi bersama pangsit, kuah, dan tumisan ayam.
Pangsit Goreng
200 gr terigu protein rendah
100-300 ml air hangat
½ sdt garam
10 grm mentega lelehkan
1-1/2 sdm minyak goreng panas
Cara Membuat
1.      Taruh terigu dan garam dalam wadah.aduk rata
2.      Tambahkan minyak panas sedikit sedikit sambil diaduk . Tambahkan margarine leleh. Aduk lahi . Terakhir masukan air hangat sedikit-sedikit sambil diaduk menggunakan tangan. Tidak perlu sampai kalis ,cukup sampai rat saja
3.      Giling dengan gilingan mie sambil ditabur tepung agar tidak  melengket . giling sampai ketebalan yang diinginkan. Semakin tipis, semakin renyah pangsit. Tapi kalau terlalu tupis akan mudah hancur.
4.      Potong-potong bentuk persegi
5.      Goreng dalam minyak banyak dengan panas sedang agar tidak cepat gosong.
Penyelesaian
1.      Rebus 1 Liter air hingga mendidih . Masukan mie hijau . Masak hingga matang . Angkat dan taruh dalam mangkok-mangkok yang telah diberi minyak wijen, minyak bawang, garam, dan merica bubuk
2.      Tambahkan sawi( yang telah direbus ) dan toping ayam. Taburi dengan bawang goreng ,pangsit goreng.dan bisa juga ditambahkan bakso
3.      Sajikan mie dengan  kuah kaldunnya beserta sambal dan jeruk nipis

3.5  ASPEK PEMASARAN
Untuk langkah awal yang harus dilakuakan untuk mengenalkan usaha Mie Ayam ini ke masyarakat adalah perlunya promosi. Walaupun sebenarnya, kebanyakan usaha-usaha kuliner promosinya melalui mulut ke mulut dari para pelanggan yang pernah mencicipi masakan tersebut. Berarti kualitas rasa yang lezat memang harus menjadi garda depan agar tidak mengecewakan pelanggan. Dan aktivitas promosi sebaiknya juga dilakukan dengan memberikan nama dari tempat usaha yang dijalankan. Hal tersebut menjadi faktor penting untuk identitas usaha. Nama usaha bisa diambil dari nama jalan atau daerah tempat berjualan, atau nama-nama yang mudah dan bisa menarik rasa penasaran dari para pelanggan. 

3.6  FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG
Setiap usaha yang dijalankan setiap waktu pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini ada beberapa faktor yang menurut saya sangat mendukung serta menghambat dalam menjalankannya serta mangembangkan usaha ini. Di bawah ini adalah faktor-faktor yang pendukung dan penghambat :
·         Faktor-faktor yang mendukung itu antara lain :
a)      Lokasi ini yang mudah dicari dan Strategis
b)      Usaha ini masih langka / jarang dilokasi lingkungan penjualan,sehingga pesaingnya masih jarang dan dengan mudah untuk mendapatkan pelanggan yang banyak.
c)      Harganya tidak begitu mahal dikalangan masyrakat menengah kebawah
·         Faktor-faktor yang menghambat antara lain :
a)      Keterbatasan dana yang dimiliki dalam membagi dana belanja.
b)      Kenaikan harga  bahan baku yang tidak stabil harganya.
c)      Kadang ada Mie ayam yang tidak laku terjual akan membuat usaha kami menjadi merugi.
d)     Kadang sulit untuk mendapatkan daging sapi yang segar dan berkualitas baik.
·         Solusi agar dapat memecahkan masalah dalam factor penghambat antara lain :
a)      Dengan keterbatasan dana belanja kita harus berhati-hati dalam mengeluarkan uang
b)      Karena kenaikan bahan baku yang tidak stabil pada saat harganya murah kita akan membeli barang yang lebih banyak.
c)      Dalam mengatasi kesulitan mencari daging kita akan berlanggan dengan pemasok daging yang berkualitas.




BAB IV
ANALISIS USAHA

4.1  TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
Konsumen yang prioritas yaitu para remaja dan orang dewasa, namun tidak mengelak jika nanti yang berkunjung itu semua usia. Hal ini dikarenakan lokasi pemasaran yang strategis dan harga yang dapat dijangkau oleh kantong kalangan manasaja.
4.2  TREND PERKEMBANGAN PASAR
Selain sebagai tempat nongkrong anak remaja dan orang dewasa sesudah ngantor disekitar tempat yang kami pilih, kami juga ingin menjadikan tempat ini sebagai wadah berkumpul keluarga yang kondusif. Dan utamanya kami ingin menjadikan tempat ini sebagai tempat santai yang menyenangkan.

4.3  PROYEKSI PENJUALAN

Produksi                      = 50 porsi
Hari kerja                    = 26 hari
Bulan dalam setaun    = 12 bulan
Hasil produksi             = 50 porsi x 26 hari x 12 bulan =18.000
Harga perporsi            = Rp.10.000
Pemasukan perbulan penjualan Mie Ayam Buto Ijo
50 porsi  x Rp. 10.000 x 26 hari = Rp. 13.000.000

4.4  STRATEGI PEMASARAN
1.      Pengembangan Produk
Mie yang akan kami pasarkan adalah Mie Ayam Buto Ijo. Model Mie yang berwarna hijau sehat inilah yang menjadi unik dan sekaligus menjadi Ciri Khas mie kita. Konsep Produk yang kita tawarkan sebenarnya tidak jauh berbeda dari konsep yang telah ditawarkan oleh mereka yang memasarkan lebih dulu. Dengan rasa yang Khas,Gurih,Lezat Sehat dan terkesan elegan apabila membeli ini maka dapat dikatakan Mie Produk kita adalah produk Mutu dari Produk sejenis yang ada di pasar.
2.      Uji Produk
Setelah kita mampu membuat produk Mie Buto Ijo ,maka produk ini perlu di coba ke para calon pelanggan untuk mengetahui kekurangannya. Uji Coba ini meliputi Taste atau rasa serta yang tidak kalah penting adalah Higienesnya. Diperlukan minimal 15 Orang yang berbeda dari tingkat umur, pekerjaan ,tingkat pendidikan serta jenis kelaminnya. Dengan demikian kita dapat mengukur kira kira Produk mie ayam buto ijo seperti apa yang mereka inginkan.
3.      Distribusi/Tempat Penjualan
Tempat penjualan produk kami ini tempatnya benar benar Strategis,dengan Trafic yang padat dan Jumlah Populasi orang di sekitar tempat penjualan padat. Dengan tempat yang cukup strategis akan sedikit banyak menimbulkan Efek Buying Signal,Orang yang tadinya belum tahu keberadaan Produk kita akan dengan segera tahu,dengan demikian Faktor Manusia yang biasanya suka mencoba coba hal hal baru akan timbul.



BAB V
PERENCANAAN KEUANGAN


NO
Nama Bahan
Satuan
Harga
Jumlah
1
Tepung Terigu
6 kg
 Rp        7.000
 Rp          42.000
2
Tepung Sagu
3 kg
 Rp        8.000
 Rp          24.000
3
Minyak Goreng
2 liter
 Rp        5.500
 Rp          22.000
4
Telur Ayam
2 kg
 Rp        5.000
 Rp          40.000
5
Daun Sawi
4 ikat
 Rp        4.000
 Rp          16.000
6
Bawang Putih
3 kg
 Rp      12.000
 Rp          36.000
7
Daging Ayam
2 kg
 Rp      30.000
 Rp          60.000
8
Kaldu Ayam
3 liter
 Rp      10.000
 Rp          30.000
9
Mentega
3 buah
 Rp        8.000
 Rp          24.000
10
Sambal
3 botol
 Rp        9.000
 Rp          27.000
JUMLAH
 Rp        321.000

5           5.2  LAPORAN LABA RUGI TIAP HARI

A.Penjualan Bersih
Penjualan
 Rp                    500.000

Penjualan Bersih
 Rp              500.000
B.Biaya Produksi/Variable
Bahan Baku
 Rp                    321.000

Jumlah Biaya Produksi

 Rp              321.000
Laba Bersih ( A-B )
 Rp              179.000


5.3  PERSENTASE KEUNTUNGAN TIAP HARI

Rumus : ( Pendapatan – Beban ) / Beban x 100%
              ( Rp.500.000 – Rp. 321.000 ) / Rp. 321.000 x 100% = 55,76 %




BAB VI
PENUTUP

6             6.1  KESIMPULAN
            Menurut pandangan saya usaha ini akan berkembang dan mencapai kesuksesan. Meskipun zaman sekarang ini banyak warung Mie Ayam, tetapi saya sangat optimis bahwa usaha ini akan berkembang dan memberi harapan yang sangat menjanjikan. Karena mie ayam ini tidak hanya akan membuat pelanggang kenyang tetapi dapat juga menyehatkan berbeda dengan Mie Ayam pada umumnya yang sering kita jumpai.  sebab, Mie ayam ini adalah mie ayam yang selama ini dicari-cari oleh para pelanggan yang sangat menjaga mutu makanannya . Saya akan berusaha dengan kemampuan yang saya miliki agar usaha ini dapat berjalan lancar untuk melaksanakan usaha ini dengan tidak pantang menyerah dengan segala kendala dan rintangan yang mungkin terjadi setiap saat. Dalam menjalankan usaha ini membutuhkan kemantapan dan keuletan dalam menjalankannya.Saya juga akan bersungguh-sungguh dalam mengelola warung ini sebaik mungkin. Begitu besarnya biaya usaha yang dibutuhkan,saya tidak akan main-main dalam usaha ini.

6         6.2  SARAN
           Semoga proposal ini dapat memberi motivasi wirausahawan baru untuk mendirikan usaha dan lebih kreatif Untuk membuka usaha baru yang mempunyai masa depan bagus. Jaga kualitas produk. Harus menerima kritik dan saran dari orang lain dengan lapang dada,karena hal itu dapat membangun serta menyukseskan usaha kita Jangan mudah menyerah dalam mendirikan usaha dan harus tekun serta gigih dalam bekerja Belajar lah dari kesalahan dan kegagalan



 LAMPIRAN






http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

1 komentar:

  1. dari nama makanannya saja sudah membuat orang penasaran, sangat menarik gan. terimakasih telah berbagi banyak informasi seputar usaha kuliner, khusus mie ayam buto ijo. artikel yang penuh manfaat..
    Aplikasi Kasir Warung

    BalasHapus